Laman

Rabu, 28 Maret 2012

Perencanaan Wilayah dan Kota

Perencanaan Wilayah dan Kota merupakan ilmu yang mempelajari tentang perencanaan yang akan dilakukan oleh seseorang untuk suatu wilayah dan kota. Yang di maksud perencanaan disini adalah sebuah proses berfikir seseorang yang dapat menghasilkan sebuah ide, gambaran, inovasi untuk direalisasikan dimasa yang akan datang, dimana ide ini telah memikirkan berbagai aspek diantaranya ekonomi, sosial, budaya, lingkungan dan lain lain. Perencanaan dalam hal ini bermanfaat untuk memberikan berbagai jalan/cara melalui pikiran seseorang untuk mencapai sebuah tujuan dan memperkecil kemungkinan terburuk atau resiko yang ada, karena seorang perencana pasti telah mempertimbangkan dan memikirkan berbagai macam aspek untuk memperkecil kemungkinan dampak negatif yang akan timbul akibat rencana tersebut.
Di Jurusan Teknik Perencanaan Universitas Diponegoro pada semester 1, terdapat 22 sks dengan mata kuliah dasar seperti Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Informatika, Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kewarganegaraan, Ilmu Sosial Budaya Dasar dan Statistika.
Pada semester 2 (studi saya sekarang) terdapat 19 sks dengan mata kuliah sebagai berikut, Geologi Lingkungan, Kartografi, Matematika, Teknik Komunikasi, Kewirausahaan, Pengantar Ekonomi, Olahraga dan Pengantar Proses Perencanaan.
Seperti yang di jelaskan di awal bahwa Perencanaan Wilayah dan Kota ini merupakan ilmu yang memperhatikan berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, bagi yang tertarik silakan masuk ke Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar